Periklanan
(advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui
media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.
Periklanan(advertising) adalah
bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005) Menggambar
hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam
pikiran namun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakansarana untuk mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam
bentuk gambar penting dalam periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukan
hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam
bentuk citra gambar (Lwin & Aitchison. 2005)Jadi, mampu menggambar dengan
baik bukan persyaratan di dunia periklanan. Memiliki naluri dan ide pemasaran
yang memungkinkan untuk
memadukan sebuah usulan penjualan dan nilai-nilai
komersial sebuah gagasan jauh lebih penting.
Periklanan atau Promosi
(Advertising) adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak
orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu
Otto Klepper : Istilah advertising berasal dari bahasa latin yaitu ad-vere yang berarti mengoperkan pikiran dan gagasan kepada pihak lain.
Dunn dan Barban : Iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi non personal yang disampaikan lewat media dengan membayar ruang yang dipakainya untuk menyampaikan pesan yang bersifat membujuk (persuasive) kepada konsumen oleh perusahaan, lembaga non komersial maupun pribadi yang berkepentingan.
Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada para calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang semurah-murahnya.”`
Definisi lain mengatakan bahwa periklanan merupakan penyebaran informasi tentang suatu gagasan, barang atau jasa, untuk ‘membujuk’ orang agar berfikir, bersikap atau bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan.
Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet,edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan.
Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
No comments:
Post a Comment