WELCOME & THANK YOU for visiting Our Blog, do not forget to leave FEEDBACK at GUESTBOOK and LIKE THIS ......

Tuesday 5 February 2013

Rekomendasi Tips Membeli Mesin Cetak/Offset Bekas atau Rekondisi

Ada hal menarik dari judul saya diatas dan ini mengingatkan saya pernah membeli mesin mini offset dan pernah menjadi operator mesin cetak offset. Bagi percetakan besar,sedang, atau skala kecil pasti pernah mengalami membeli mesin offset yg tidak dalam kondisi prima siap menelan orderan yg masuk. Maka saya tergerak hati untuk membantu hal-hal yg perlu diperhatikan waktu membeli mesin:

1. Pastikan tujuan anda membeli mesin dipergunakan untuk kebutuhan mencetak apa,,misal anda biasa menerima orderan cetakan untuk mencetak
ukuran kecil seperti ukuran folio,kwarto,dll cukup membeli mesin mini offset TOKO

kenapa mesin TOKO karena pengoperasiannya mudah, jarang rewel, cepat sekali untuk mencetak dan bisa mengerjakan aneka kertas tanpa kendala berarti..istilahnya tahan banting..cuma sayang mesin ini tidak bisa mencetak dikertas yg permukaan licin seperti artpaper,ivory dll, mencetak sparasi dengan presisi dan tidak sanggup mencetak tinta blok,  karena keterbatasan jumlah rol tinta yg cuma satu menempel di plat cetak,,

klau ingin diatasnya lagi bisa untuk cetak sparasi dengan mesin Hamada 500 atau 600 bisa mencetak kertas dipermukaan licin tapi juga sama tidak sanggup mencetak warna blok, mesin ini sudah otomatis sehingga lebih nyaman pengoperasiannya, cukup baik cetaknya karena sudah memakai rol pembasah tapi ada kendala untuk kertas tebal mungkin 300gram tidak sanggup menggangkat kertas pada penghisap kertas karena kompresor penghisap kecil sehingga daya hisapnya minimal dan cuma memiliki 2 pasang penghisap.

Ada lagi diatasnya untuk ukuran kertas yg lebih besar misal : A3 dengan mesin Hamada 700 cuma mesin ini agak tanggung masih lebih baik Hamada 800 ukuran area cetak lebih baik,,cuma untuk kualitas sparasi masih kurang sempurna tidak bisa untuk cetak sparasi blok..dan ada sedikit gangguan di lingkaran gerigi yg bisa tergesek mengakibatkan cetakan luka agak terangkat tinta yg masih basah..

Masih ada lagi mesin cetak offset yg baik seperti dari jepang yaitu ryobi 500k,Gestetner,Fuji,dll. Dari jerman SOR M, K, S, D, Speedmaster yg sangat baik untuk cetak blok tapi harganya mahal.

2. Pastikan mesin yg anda beli lengkap kondisinya..tutup mesin ada, rol tinta cadangan ada, masih ada nomerator, sensor rata kertas berfungsi, sensor doble set berfungsi, greper penjepit kertas di silinder pres dan dipenghantar kertas lengkap, tandon air pembasah ada, serta bak air kondisi baik tidak keropos.
dan paling utama periksa silinder press baik silinder plat, silinder blangket, silinder impresen harus mulus tanpa cacat, tergores, dekok, berkarat , periksa semua roll tinta melekat sempurna pada tempatnya apakah bearingnya perlu diganti atau rolnya sudah tidak simetris/ sudah nggak rata perlu dites dengan memakai coletan tinta atau memakai plastik astrolon untuk memeriksa tekanan rol atau cuma perlu distel aja dan periksa juga kondisi rol pembasah apakah as masih rata, rumah bearing dan kawat per kondisi baik, atau cuma bearing aja yg perlu diganti.
periksa kondisi semua greeper yg ada apakah pernya masih baik, menutup rapat, periksa kondisi kompresor berikut daya hisap pada penghantar kertas apakah ada kebocoran bisa dicek dengan kertas artpaper 150gr kekuatan daya hisapnya gimana apakah menarik sempurna dan periksa daya semprot angin yg keluar apakah bagus dan imbang. Periksa tombol kelistrikan tombol otomatis apakah bejalan dengan baik kadang kadang ada yg dibandrek dijadikan satu tombol. Periksa bak tinta apakah pisau masih rata atau sudah ngantong bisa fatal tinta akan mengalir bocor melaluinya dan tidak bisa disetel tekanannya, serta periksa rol bak tinta masih mulus atau tergores akibat tekanan pisau bak tinta. 
biasanya pihak penjual tidak memperbolehkan pembeli untuk mengecek satu-satu, yang ada paling cuma tes cetak saja, lancar dengan mempercepat kecepatan langkah cetak dan hasil cetak muncul baik. Akibatnya apa sewaktu mesin dipindah ketempat anda dan teknisi merakit dan menyetel mesin kondisi nggak sesuai harapan waktu anda tes cetak ditempat. Alasan penjual karena akibat faktor pengiriman. Padahal bukan itu tapi memang kondisi mesin kuang sempurna maka dijual oleh penjual.

3. Pastikan sewaktu anda membeli mesin mengajak operator mesin yg sangat baik anda kenal untuk mempertimbangkan mesin tersebut.Cukup susah untuk menilai mesin tampak fisik saja tapi cara nomer 2 cukup ampuh cara anda mempertimbangkan untuk membelinya.

4. Janganlah tergiur membeli mesin dengan harga yg murah, asal anda teliti bisa saja anda dapat mesin harga murah tapi kualitas masih bagus sehingga lebih ringan biaya perawatannya. Tapi memang jarang sekali bisa anda dapatkan. 

5. Pastikan anda merubah daya listrik anda agar cukup sesuai dengan kebutuhan mesin cetak offset.

6. Pastikan anda mempertimbangkan membeli mesin dengan sistem otomatis dan banyak sensor aktif  karena semakin canggih mesin kadang banyak kendala overload agak susah anda membetulkan sendiri harus memanggil teknisi elektro yg pastinya ongkos jasanya saja mahal apalagi blom sparepartnya mahal bisa bisa modal operasional anda tersedot untuk mereparasi mesin yg anda beli saran saya jika membeli mesin bekas yg canggih harus siap resikonya dan tahun pembuatanya masih muda..lebih baik yg masih manual pake handel manual lebih aman.

7. Pertimbangkan membeli mesin impor dari luar negeri dengan relasi terpercaya..biasanya kondisi masih bagus dibanding yg sudah ada didalam negeri.

Semoga dengan info ini anda bisa memiliki gambaran untuk membeli mesin cetak offset setidaknya minim perawatan waktu pertamakali mesin anda dipakai lancar langsung bisa mengerjakan orderan anda..setidaknya info ini menghindari anda membeli mesin yg kondisinya buruk sehingga harga yg anda beli dengan ongkos jasa teknisi bongkar mesin  dan sparepart yg mahal. Biaya totalnya cukup untuk membeli mesin yg lebih baik tapi anda pertimbangkan karena mengincar yg harga lebih murah. Nggak untung malah buntung, kecewa dan bisa frustasi mesin yg telah dibeli..sebelum terlanjur hati-hati.

Cukup sekian dulu infonya klau masih ada yg terlewatkan akan saya tambahi lagi..

No comments:

Post a Comment